Islam, personal

[JURNAL TENTANG KEKUATAN]: SAUDARA YANG GUGUR

122016_0819_jurnaltenta1
Sumber: un.org

Adalah sesuatu yang mengherankan, sekaligus menyakitkan bagi saya. Bahwa gugurnya saudaraku, para muslimin dan muslimat, mukminin dan mukminat, di Suriah dan Palestina sana, yang memaksa saya untuk bertahan.

Untuk bangkit, tetap sehat dalam akal dan fisik. Berdoa agar diberikan kekuatan. Agar selalu tertambat hati ini pada agama-Nya, pada cinta-Nya.

Saya teringat mimpi-mimpi saya, berbagai tujuan hidup, cita-cita yang masih berupa angan. Menunggu untuk diwujudkan. Sementara tanda-tanda akhir zaman kian dekat. Bahwa mungkin manusia tidak bakal mencapai 1500 Hijriyah.

Lalu, mau sampai kapan aku tersangkut pada jejaring cobaan dan ujian. Saya tidak akan pernah lulus, mereka tidak akan pernah selesai, jika saya masih di sini. Wahai kamu, jangan lah pula katakan bahwa saya tidak berusaha. Ia seperti siklus yang kembali meraup saya dalam sudut kegelapan tatkala ia terpicu muncul. Saya tidak ingin mendengarkan apapun karena kamu tidak berada di sana saat saya terjatuh, saat episode itu terulang seolah mata rantai setan.

Hanya Allah.

Tiap kali foto-foto, artikel, video, atau pun tulisan tentang saudaraku yang gugur, tersakiti, di belahan dunia lain, menjadi gelombang impuls tertentu yang menjadi tonik bagi kebangkitan jiwa ini. Apakah saya harus bangkit dari penderitaan orang lain? Schadenfreude.

Ujian yang begitu berliku, yang kehadirannya tanpa saya sadari, seperti potongan teka-teki penyusun lansekap hidup. Disana terdapat kasih sayang Allah. Pertolongan yang tak pernah dinyana. Kehadiran tanpa pernah abstain. Pemberian tanpa pernah pamrih. Kasih yang lebih besar dari amarah-Nya tiap kali saya membelot. Cinta yang selalu tercurah tiap kali Dzat Yang Menggenggam jiwa ini meraih, membawa dari kegelapan pada sebentuk cahaya yang nyata; taubat seorang hamba.

Saya tidak ingin tak mampu memberi jawaban jika suatu saat nanti Yang Maha Pencipta bertanya, apa yang sudah saya lakukan untuk saudaraku di belahan bumi sana? Apa yang telah saya upayakan untuk kemaslahatan ummat?

Apalah ujian hidup dibandingkan mereka yang berjuang mempertahankan kemerdakaan, berperang di jalan Allah. Dengan kekuatan iman dan kesabaran yang luar biasa. Maut yang mengintai tatkala terjaga atau pun terlelap.

Pada hari ini orang-orang kafir telah putus asa untuk (mengalahkan) agamamu, sebab itu janganlah kamu merasa takut kepada mereka, takutlah kepada-Ku. Pada hari ini telah Aku sempurnakan agamamu untukmu, dan telah Aku cukupkan nikmat-Ku bagimu, dan telah Aku ridhai Islam sebagai agamamu… (QS. Al-Maidah : 3)

Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: “Kami telah beriman”, sedang mereka tidak diuji lagi? (QS. Al-Ankabuut : 2)

Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar. (QS. Al-Baqarah : 155)

… “Sesungguhnya hanyalah kepada Allah aku mengadukan kesusahan dan kesedihanku.” (QS. Yusuf : 86)

Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku. (QS Al Baqarah : 186)

Bukankah Allah cukup untuk melindungi hamba-hamba-Nya. Dan mereka mempertakuti kamu dengan (sembahan-sembahan) yang selain Allah? Dan siapa yang disesatkan Allah maka tidak seorangpun pemberi petunjuk baginya. (QS. Az-Zumar : 36)

Sahabat-sahabat, saudaraku, ingatkanlah diri ini jika mulai jauh. Ingatkanlah akan janji Allah jika lupa. Bersabarlah atas saya. Selipkanlah doa untuk saya tiap kali engkau mengetuk pintu langit. Dan tanyakanlah diri ini bilamana engkau tak menemukan saya di surga kelak.

Salam kasih dari yang masih berusaha bangkit

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s