About

arakarakansurgaAssalamu’alaykum warahmatullah wabarakaatuh,

Biru Anugerah Bumi hanyalah sebuah nama pena.

Saya hanya Seorang muslim yang ditangguhkan dosanya. Seorang hamba Allah yang khilaf dan tak sempurna yang masih, akan, dan terus berjuang untuk selalu berada di jalan lurus.

Tiap hari dan malam sering berpikir/terpikir tentang kematian tetapi bukan karena tidak waras atau bahkan sok bijak. Sebagaimana Anda yang melihat foto keluarga lalu hati dibanjiri sensasi hangat dan cinta, saya merasakan kesenduan dan riuh rendah semilir kematian tatkala berbagai aspek kehidupan mengingatkan saya akan kehadirannya.

Saya percaya bahwa setiap orang bisa dan mampu menjadi pemikir sebagaimana ia bisa dan mampu untuk menjadi pejuang, setidaknya bagi dirinya sendiri. Karena manusia telah dibekali dan diberkahi dua modal utama yang sudah pasti dimiliki: akal dan badan.

Menurut saya, apa-apa yang sebelumnya menjadi hak namun diambil dan berhasil direbut kembali baik dalam bentuk pembebasan ataupun pemberontakan adalah sebuah kemerdakaan. Tanpa mengurangi atau mengugurkan kewajiban.

Yang benar dan yang haq di mata Tuhan akan selalu dan selamanya demikian di belahan dunia manapun. Hati yang tidak terpolusi dan terus mencari akan mampu menopang akal dan logika. Berpikir, menulis, dan berbagi adalah esensi liberalisme yang saya percayai karena mendapatkan dan menyebarkan ilmu serta hidayah adalah salah satu esensi kemerdekaan yang begitu nyata yang pernah saya alami.

Saya tertarik dengan cara berpikir manusia, mengulik dan menelaah suatu porsi masalah atau kehidupan dari berbagai sisi, hubungan antar manusia, dan mengungkap misteri dunia. Saya mudah bosan namun tidak berarti bakal meninggalkan kesukaan atau hobi yang sebelumnya pernah ditekuni. Jika saya tertarik, penasaran, dan ingin maka saya mengumpulkan usaha dan niat untuk mempelajari dan menguasainya.

Dan ya, saya memiliki keinginan yang (amat) kuat untuk meraih dan merangkul seluruh dunia hanya untuk memastikan planet ini masih berputar pada porosnya dan para penghuninya baik-baik saja. Saya berkepribadian INFJ, yang katanya paling langka sejagad, tapi bisa jadi tidak berarti apa-apa–tapi untuk menggambarkan sekelumit karakter saya, ya boleh lah.

Jika Anda pernah bertemu dan berkenalan dengan saya, berhati-hati lah karena apa yang saya tampilkan di hadapan Anda bisa jadi bukan diri saya yang sebenarnya. Atau sepersekian saja. Bukannya bermuka banyak, saya percaya tiap manusia memiliki kompleksitas masing-masing, begitu pula dengan senyawa yang menyusun manusia bak alien ini.

Hati ini akan tertarik bagai magnet pada sosok yang juga mencerminkan kualitas diri. Pertanyaan itu menggema: dengan siapa saja saya banyak menghabiskan waktu, saling menyerap dan mengerahkan energi; kepada siapa hati ini tergerak untuk merapatkan barisan dan menjalin persaudaraan; kepada siapa hati ini tertambat dan melekat. Akan tiba fase menegangkan dimana kita harus berjalan berjingkat daripada berlari, merangkak daripada berjalan, hingga ruh dipanggil Sang Pemilik hati.

Motto utama blog ini: CMIIW. Sekian.

Wassalamu’alaykum. Barakallahu fiikum.

Memerdekakan akal – melembutkan hati – menguatkan iman – meningkatkan amal dan taqwa

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s